Minggu, 28 Agustus 2011

sepeda jengki >=> road bike



Sepedaku, sebuah sepeda jengki yang cukup tua, akan kuubah menjadi sebuah sepeda balap.

  
Kenapa kipilih sepeda jengki untuk saya rombak? pertama, rangka sepeda jengki cukup kuat untuk jalan di daerah yang tidak rata. alasan kedua, roda sepeda jengki tidak terlalu besar untuk road race, juga tidak terlalu kecil untuk downhill, dikarenakan rumah saya yang terletak di daerah perbukitan. Lalu, bentuk dudukan roda (jawa: capit urang) mirip dengan sepeda balap sungguhan. itu beberapa alasan kenapa kupilih sepeda jenis ini termasuk juga harga yang tidak terlalu mahal.


 Yang pertama saya lakukan adalah memasang Sifter dan gir susun 6 pada hub roda belakang sepeda jengki saya. Pada gambar, yang paling atas adalah gambar sepeda jengki saya sebelum saya mulai merombaknya. Pas baru saya beli dari tukang loak, sepeda ini masih lengkap dg penutup rantai dan bagasi belakang. Tapi untuk mengurangi harga, maka saya protolin aja. Lagian ga di pakai ini. Lalu saya belikan set sifter dan saya pasang. Hasilnya gambar ke-2. Di situ sudah saya pasang setang balap dan handle rem balap yang saya dapat dari bengkel sepeda dekat rumah. Sadel dan gir susun depan juga sudah terpasang, namun untuk gir depan belum saya fungsikan.


Setelah kurang lebih satu tahun ga diurus, karna proyek terhenti sementara. ahirnya saya dapat uang lebih untuk merombak rangka sepeda jengki balap tsb supaya bener-bener mirip sepeda balap. hanya dengan Rp.25 000, rangka dirombak di tukang las kusus sepeda. rem belakang saya ganti pakai rem V, punyanya sepeda gunung. Hasilnya di gambar ke-3, sekarang proyek tertunda lagi. sebenarnya tinggal beberapa sentuhan sudah jadi. tapi apa daya, kantong masih sempit. tinggal dicat aja, orang ga bakal ngira kalo ini adalah sepeda jengki.

kalo ada yang ingin meniru, silahkan. ga juga ga papa. pesan saya "be your self, be creative and be a proud for self"

3 komentar:

  1. bagus hasilnya...kyk sepeda balap beneran

    BalasHapus
  2. yaps tkz,, cma syg, lom dcat,, klo dri dket msi kliatn merk "phoen!x"x...!x"x...

    BalasHapus
  3. sebetulnya ane jg punya rencana kyk diatas tp masih ragu bawa ke tukang las. jd sekarang ini masih spt gbr ke 1 tp stangnya ane kedepanin jadi spt drob bar, padahal tetep mustache, lumayan gak usah ganti

    BalasHapus